Serangan The New York Times Terhadap Shen Yun, Membuka Kedoknya Sendiri

adilnews | 26 March 2024, 12:28 pm | 80 views

Seorang jurnalis The Epoch Times, Petr Svab pada 18 Maret 2024 menulis tentang rencana PKT melalui The New York Times untuk menyerang Shen Yun, perusahaan seni pertunjukan.

Dengan catatan panjang dalam meremehkan atau mengabaikan pelanggaran hak asasi manusia yang serius di Tiongkok, The New York Times kini menargetkan para pembangkang Tiongkok di Amerika Serikat.

The New York Times selama hampir enam bulan telah mempersiapkan lagu hit melawan Shen Yun Performing Arts, demikian yang diketahui oleh The Epoch Times.

Informasi yang diperoleh The Epoch Times menunjukkan bahwa artikel tersebut, yang belum diterbitkan, akan dimanfaatkan oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT) dalam kampanye penindasan transnasional terhadap perusahaan seni pertunjukan tersebut.

Selama ini, PKT berusaha memanfaatkan media asing untuk melakukan penindasan globalnya demi kepentingan ideologinya. Salah satunya rencana yang akan dilakukan lewat The New York Times untuk menekan perusahaan seni pertunjukan Shen Yun.

Shen Yun yang berbasis di New York, dengan misinya untuk menghidupkan kembali kebudayaan tradisional Tiongkok dan memiliki slogan “Tiongkok Sebelum Komunisme,” telah menjadi duri besar bagi pihak Beijing selama hampir dua dekade.

Tak heran jika rejim PKT telah menggunakan banyak taktik untuk menghalangi Shen Yun—yang setiap tahun tampil dihadapan satu juta orang di seluruh dunia—termasuk berupaya menekan pihak gedung agar membatalkan pertunjukan, menganiaya anggota keluarga artis di China, dan membajak sistem hukum AS untuk kepentingannya.

Tahun lalu, Biro Investigasi Federal (FBI) menangkap dua tersangka agen PKT yang mencoba menyuap seorang agen FBI yang menyamar sebagai pejabat Internal Revenue Service (IRS) dengan uang puluhan ribu dolar dalam upaya untuk mencabut status badan hukum nirlaba Shen Yun. Departemen Kehakiman AS menemukan bahwa kedua tersangka agen PKT itu juga berupaya menggunakan tuntutan hukum lingkungan perusahaan Shen Yun untuk “menghambat” perkembangan mereka.

Serangan berikutnya terhadap Shen Yun kali ini tampaknya datang dari surat kabar terbesar Amerika Serikat, The New York Times. Dua reporternya, Michael Rothfeld dan Nicole Hong—yang terakhir mulai mengerjakan liputan kisah Shen Yun setelah menghabiskan enam bulan di meja The New York Times perwakilan Tiongkok—secara khusus mencari mantan artis yang mungkin telah meninggalkan perusahaan Shen Yun bertahun-tahun yang lalu dengan sebuah dendam. Intinya mencari kesalahan perusahaan seni pertunjukan itu. Demikian catatan yang diperoleh oleh The Epoch Times, media terpercaya berbasis di New York.

Perusahaan Shen Yun menjadi target utama rezim PKT dan proksinya karena dianggap membawa misi Falun Gong (Falun Dafa). Kebetulan banyak artis Shen Yun yang berlatih kultivasi jiwa dan raga itu, yang di Tiongkok pengikutnya dianiaya secara brutal oleh PKT. Beberapa pertunjukan tari Shen Yun menyertakan gambaran artistik dari penganiayaan tersebut.

“Kami tahu para reporter ini menargetkan wawancara pada sekelompok kecil orang yang mungkin mempunyai komentar buruk tentang Shen Yun, dan tampaknya mengabaikan sikap positif sebagian besar pemain Shen Yun,” ujar Ying Chen, wakil presiden Shen Yun seperti dikutip The Epoch Times.

Menurut Chen, beberapa orang yang diwawancarai telah bepergian dengan bebas ke Tiongkok, hal ini menimbulkan tanda bahaya besar karena biasanya siapa pun yang bekerja untuk Shen Yun atau dikenal berlatih Falun Gong akan berada dalam bahaya besar jika kembali ke Tiongkok. Akan tetapi orang-orang ini melakukan hal yang sama secara bebas dan berulang kali. Mereka juga memiliki catatan komunikasi yang menunjukkan beberapa orang yang diwawancarai sangat senang dengan pengalamannya di Shen Yun, namun sekarang mengatakan hal yang sebaliknya kepada The New York Times.

“Semua ini menunjukkan bahwa The New York Times sangat fokus menyerang kami dan sedang membangun cerita miring seputar wawancara yang sangat dipertanyakan,” ungkap Chen.

Keluar Untuk Melumuri
Sepertinya rejim PKT menganggap kampus Shen Yun di bagian utara New York, yang disebut Dragon Springs, sebagai “markas” kegiatan praktisi Falun Gong untuk melawan penganiayaan rejim PKT. Sebuah dokumen arahan PKC yang diperoleh The Epoch Times menyerukan secara sistematis menyusun strategi untuk menyerang “markas besar” Falun Gong.

Dokumen lain mengarahkan para pejabat untuk mengkooptasi industri tertentu guna melakukan penindasan transnasional terhadap Falun Gong. Sekaligus menyerukan mobilisasi “orang-orang yang baik terhadap Tiongkok seperti para pakar, cendekiawan, jurnalis … yang memiliki pengaruh lebih besar di AS dan negara-negara Barat untuk menyuarakan pendapat mereka.” Mereka berusaha untuk membuat lebih banyak media asing mempublikasikan laporan yang menguntungkan mereka.

i8

“The New York Times kini tampaknya melakukan peran yang sama”, jelas Larry Liu, wakil direktur Pusat Informasi Falun Dafa (FDIC), sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memantau penganiayaan terhadap Falun Gong. Dan, artikel itu kemungkinan besar adalah impian PKT yang menjadi kenyataan.

Tidak lama setelah reporter Hong kembali ke New York tahun lalu usai bertugas bersama tim China The New York Times di Seoul, beberapa mantan penari Shen Yun mulai menerima email darinya dan Rothfeld. Pertanyaan-pertanyaannya yang dikirim melalui email terkadang sangat spesifik dan memberikan kesan kepada para artis bahwa para reporter sedang mencoba menggali informasi yang dapat digunakan untuk melawan perusahaan. Seorang mantan penari hanya ditanyai tentang satu kejadian spesifik: cedera lutut.

Menurut Liu, para wartawan tampaknya mencoba untuk membuat narasi yang menyatakan bahwa para penari Shen Yun tidak menerima perawatan medis yang memadai, sebuah narasi utama palsu yang didorong oleh PKT untuk memfitnah perusahaan pertunjukan itu.

The Epoch Times mewawancarai puluhan seniman Shen Yun dan anggota keluarga mereka serta siswa dan guru di dua sekolah yang berafiliasi dengan Shen Yun. Mereka dengan bangga menggambarkan lingkungan yang disiplin tetapi dengan budaya yang sehat dan komunitas yang kondusif. Saran mengenai kurangnya perawatan atau pengobatan medis bagi pemain yang cedera justru memicu tanggapan yang mendalam.

“Itu benar-benar sampah,” kata Kay Rubacek, yang putra dan putrinya tampil bersama Shen Yun. Rubacek adalah pembuat film yang portofolionya mencakup film dokumenter pemenang penghargaan dan program “Life & Times” di NTD, outlet afiliasi The Epoch Times.

Setiap orang yang menonton pertunjukan, melihat Shen Yun, mereka dapat melihat bahwa para penari ini menyukainya. Mereka sangat menyukai apa yang mereka lakukan.

Anak-anaknya mulai bersekolah di Akademi Seni Fei Tian, ​​​​sebuah sekolah seni swasta kelas 5–12, ketika mereka berusia 13 dan 14 tahun. Rubacek bercerita bahwa sebelum menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah tersebut, dia sangat teliti dalam mengenal kampus tersebut, dan para pengajarnya.

“Saya sangat berhati-hati dalam mengirim anak-anak saya. Saya sangat protektif terhadap mereka. Jadi agar saya merasa nyaman mereka masuk asrama, saya harus cek semuanya, dan saya cek semuanya,” ungkap Rubacek.

Jalur dansa di sekolah memberikan siswa kemungkinan untuk mengikuti audisi Shen Yun sambil berlatih di Universitas Fei Tian di kampus yang sama, dan hal ini juga dilakukan oleh anak-anaknya.

Rubacek ingat bahwa tak lama setelah masuk sekolah, putranya mengalami cedera jari kaki saat latihan menari. Dia dibawa untuk dirontgen, dan ditemukan adanya patah tulang di garis rambut. Guru tarinya bersikeras bahwa dia tidak bisa mengikuti kelas lagi sampai patah tulangnya sembuh total. Dia mengambil jeda sebagai kesempatan untuk fokus pada peregangan, menjadi salah satu penari yang paling fleksibel di grupnya.

“Tingkat sikap positif yang saya lihat datang dari mereka dan kemampuan mereka menghadapi tantangan sungguh luar biasa dan merupakan sesuatu yang saya harap saya miliki saat masih kecil,” kata Rubacek.

Ia terkejut mengetahui bahwa The New York Times akan mencoba mencemarkan nama baik anak-anaknya sebagai bagian dari organisasi yang tidak bertanggung jawab.

Ancaman Nyata
“Narasi palsu yang tampaknya diusung oleh The New York Times merupakan keprihatinan besar bagi kami karena dapat menimbulkan bahaya nyata,” kata George Xu, wakil presiden Dragon Springs.

Beberapa bulan yang lalu, katanya, otoritas lokal dan federal dikerahkan untuk mengantisipasi apa yang mereka yakini sebagai ancaman nyata yang ditimbulkan oleh seorang pria Tiongkok yang mengunggah ke media sosial tentang keinginannya untuk menjadi bagian dari “pasukan pembunuh.” Pria itu juga mengunggah video dirinya sedang membawa magasin senapan AR-15.

Pria tersebut “menyebarkan narasi palsu yang sama dan telah berbicara dengan beberapa orang yang sama yang diwawancarai oleh [New York] Times,” kata Xu.

Suatu saat, pria ini diketahui berada di sekitar kampus mereka. “Kami memiliki polisi negara bagian yang berpatroli di pintu masuk kami, dan semua orang dalam keadaan siaga tinggi. Ini sangat serius.”

The Epoch Times memperoleh salinan laporan keselamatan petugas FBI pada bulan September 2023 yang menyatakan bahwa pria tersebut, yang “telah membuat ancaman terhadap kampus Dragon Springs,” terlihat wilayah tersebut dan “berpotensi bersenjata dan berbahaya.”

Saat melaksanakan surat perintah penggeledahan, polisi menemukan sebuah pistol, senapan AR-15, lebih dari 600 butir amunisi, dan 14 magasin senjata, sekitar setengahnya terisi, menurut laporan polisi yang diperoleh The Epoch Times, tercatat bahwa magasin tersebut melebihi batas kapasitas 10 peluru di negara bagian tempat tinggal pria tersebut.

Bertujuan ke Puncak
Shen Yun merupakan grup tari klasik Tiongkok terkemuka di dunia, berkembang dari satu grup pada tahun 2007 menjadi delapan grup, masing-masing dengan orkestranya sendiri, berkeliling dunia dan tampil di hadapan lebih dari satu juta orang setiap tahunnya. The Epoch Times telah lama menjadi sponsor media Shen Yun.
Seperti halnya upaya seni elit lainnya, tarian klasik Tiongkok memerlukan upaya yang sangat besar, kata beberapa penari dan guru.

“Untuk menjadi seorang seniman berkaliber tinggi, pastinya dibutuhkan banyak ketabahan dan banyak ketekunan, dan Anda harus mengorbankan banyak waktu dan energi,” kata Alison Chen, yang pensiun dari Shen Yun pada tahun 2015. Chen menjadi seorang seniman, guru tari dan kemudian menjadi salah satu ketua departemen tari di kampus Fei Tian College di Middletown, New York.

Chen masih remaja ketika mulai berlatih dengan Shen Yun pada tahun 2007, tak lama setelah dimulainya Shen Yun. Berkat bakat dan pengalaman menari sebelumnya, dia segera diundang untuk bergabung dengan grup tur sebagai bagian dari praktikum sekolahnya. Namun, selama bertahun-tahun, perusahaan terus meningkatkan standarnya. Siswa Fei Tian masih diperbolehkan mengikuti audisi tur sebagai bagian dari tugas kuliah mereka, namun keterampilan menari mereka harus luar biasa agar mereka dapat lolos.

Dibandingkan dengan balet, pelatihan tari klasik Tiongkok lebih selaras dengan watak alami tubuh manusia, sehingga ketegangannya tidak terlalu ekstrem, kata Jimmy Cha, seorang penari balet profesional sebelum bergabung dengan Shen Yun pada tahun 2008.

Penari balet biasanya pensiun pada usia 30-an dan sering kali menderita sakit kronis dan penyakit lainnya. Rata-rata, penari amatir yang lebih muda menderita satu cedera dan penari profesional yang lebih tua mengalami 1,2 cedera untuk setiap 1.000 jam melantai, menurut tinjauan penelitian tahun 2015 tentang topik tersebut.
Menurut perkiraan tersebut, grup tari profesional sebesar Shen Yun secara teoritis penarinya akan mengalami ratusan cedera yang terjadi setiap tahunnya.

Para penari dan guru yang diajak bicara oleh The Epoch Times tidak mempunyai statistik seperti itu, namun semuanya sepakat bahwa kejadian cedera yang mereka lihat di Shen Yun hanyalah sebagian kecil dari angka tersebut.

Jimmy Cha menjelaskan rendahnya tingkat cedera ini sebagian disebabkan oleh standar pelatihan yang ketat dan penekanan pada teknik yang benar. Alih-alih gerakan tarian itu sendiri menyebabkan cedera, sering kali teknik penari yang salah sering kali menyebabkan ketegangan atau cedera yang berlebihan.

“Menjaga semua orang dalam kondisi prima dan terus memantau teknik mereka membantu menghindari banyak masalah,” kata Cha.

Sudah berusia 40-an, Cha sering mengalami cedera saat menari. Yang terakhir, cedera ligamen di lututnya pada tahun 2020, mengancam mengakhiri karirnya. Dia terbang ke Korea Selatan untuk menemui ahli bedah lutut kelas dunia, katanya, dan setelah rehabilitasi ekstensif, dia dapat kembali ke panggung.

Jika masalah fisik menghalangi seseorang untuk terus menjadi pemain, Shen Yun sering menawarkan dia kesempatan untuk tetap bersama perusahaan dalam peran yang berbeda, seperti produksi, kata Cha.

Namun dalam banyak kasus, bukan beban fisik yang dirasakan oleh mereka yang memilih untuk keluar dari sekolah. Sebaliknya, ini adalah tantangan mental dan bahkan spiritual.

Secara umum, dunia seni pertunjukan elit terkenal dengan politik internal dan persaingan yang ketat, dengan konflik ego dan seniman berprestasi yang merasa diremehkan jika tidak dianggap sebagai pemeran utama, demikian pengakuan banyak penari. Namun, mereka melihat suasana yang jauh berbeda di Shen Yun.

Untuk menggambarkan kebudayaan Tiongkok yang asli, para seniman perlu mempelajarinya dan mewujudkannya sendiri, dengan berpegang pada nilai-nilai dan moralitas tradisional. Yang paling penting, mereka harus meninggalkan ego mereka.

Dibesarkan dalam masyarakat Korea Selatan yang sangat hierarkis, Cha menyadari bahwa perlu beberapa penyesuaian baginya untuk menerima nasihat dari penari muda atau bahkan guru.

Chen berkata, “Para guru akan memberi tahu kami, ‘Tidak peduli seberapa banyak Anda telah belajar dan tidak peduli seberapa banyak Anda merasa tahu, kita semua harus mulai dari titik nol.’” Mengadopsi sikap yang lebih rendah hati terhadap tari adalah sebuah proses, katanya.

Chen ingat bagaimana egonya membengkak setelah dia menang di divisi junior kompetisi tari klasik Tiongkok. “Saya pikir itu adalah sarana bagi saya untuk menjadi terkenal,” katanya. Itu adalah momen penting dalam kariernya yang sedang berkembang, saat ketika, jika dipikir-pikir, dia menyadari karakternya sedang diuji.

“Jika tidak ada yang benar-benar membimbing saya untuk memikirkan hal ini dengan cara yang sehat, dengan mudahnya saya masih bisa mempertahankannya,” katanya.Berkat pengaruh positif dari guru dan teman sekelasnya, dia bisa mengenali masalah ini, katanya.

“Xue wu zhi jing”—belajar tidak ada habisnya—menurut pepatah Tiongkok yang ia ucapkan dalam hati.

“Semakin arogan Anda, semakin kecil kemampuan Anda untuk berkembang,” kata Chen. “Tidak peduli seberapa hebatnya dirimu, selalu ada seseorang yang bisa mengajarimu sesuatu yang baru.”

Namun mengetahui hikmahnya dan mempraktikkannya adalah dua hal yang berbeda, menurut pengamatannya.

Tahun berikutnya, ketika Chen menempati posisi kedua dalam kompetisi tersebut, hatinya merasa tidak tenang.

“Terlepas dari seberapa besar saya menyangkalnya, kurang lebih saya masih memedulikannya,” katanya.

Segalanya menjadi lebih buruk. Berbeda dengan dirinya yang biasanya “happy-go-lucky”, dia menjadi minder dan gugup di atas panggung.

“Semakin saya peduli dengan penampilan saya di depan umum, semakin saya merasa stres saat tampil, dan terkadang hal itu akan memengaruhi kualitas penampilan saya di atas panggung,” katanya.

Pada titik tertentu, dia mendapati dirinya berada di persimpangan jalan: melepaskan kesombongannya, atau menempuh jalan kebencian, iri hati, dan saling tuding. Setelah banyak refleksi diri, dia memilih yang pertama.

“Saya menyadari… Saya harus benar-benar mengambil langkah mundur dan memperbaiki diri secara internal terlebih dahulu sebelum saya dapat melanjutkan hidup,” katanya.

Dia merasa pilihan itu sangat membebaskan. “Ini justru mengajarkan saya untuk lebih bersyukur,” ujarnya.

Namun tidak semua orang bisa melakukan lompatan itu. Mereka yang tidak melakukan hal tersebut kemungkinan besar akan keluar, kata beberapa anggota perusahaan.

Ada beberapa perpisahan yang kurang bersahabat selama bertahun-tahun, biasanya karena salah satu anggota melanggar peraturan perusahaan, tidak dapat melakukan pemotongan secara artistik, atau menuntut pengakuan atau perlakuan khusus, kata mereka.

“Sayangnya, kami tahu bahwa orang-orang inilah yang menjadi sasaran [New York] Times,” kata Wakil Presiden Shen Yun, Chen.

Kegiatan Mencurigakan
Upaya The New York Times semakin mengkhawatirkan Liu ketika dia mengetahui bahwa Hong dan Rothfeld sedang berbicara dengan Alex Scilla, seorang pria yang memiliki kepentingan bisnis lama di Tiongkok yang telah menjalankan kampanye ekstensif melawan Dragon Springs bersama dengan aktivis lokal Grace Woodard.

Seperti yang terungkap dalam penyelidikan The Epoch Times sebelumnya , Scilla dan Woodard telah terlibat dalam pengawasan properti Dragon Springs di Orange County, New York, dan telah mencoba untuk menghambat perkembangannya dan menghidupkan liputan media yang negatif melalui serangkaian tindakan, tuntutan hukum lingkungan yang tidak sesuai.

Setelah dua gugatan sebelumnya ditolak, Scilla mengajukan gugatan baru, yang sekali lagi tidak berdasar, kata perwakilan Dragon Springs, sambil menelusuri bukti-bukti yang ada kepada The Epoch Times.

Dua tersangka agen Tiongkok yang ditangkap oleh FBI pada bulan Mei lalu, John Chen dan Lin Feng, pada awal tahun 2023 terutama terlibat dalam skema untuk menyuap agen IRS agar meluncurkan penyelidikan palsu guna menghapus status nirlaba dari entitas yang dijalankan oleh praktisi Falun Gong, menurut dakwaan .
Sebelum meluncurkan skema IRS, mereka juga melakukan kegiatan yang tampak mirip dengan upaya Scilla, menurut dokumen pengadilan.

Lin, mantan atlet Tiongkok, diinterogasi oleh FBI beberapa kali dan “mengakui bahwa dia dan John Chen melakukan perjalanan ke New York untuk mengawasi komunitas Falun Gong di Orange County, New York, dan untuk mengumpulkan informasi yang akan menjadi dasar potensi tuntutan hukum lingkungan yang dimaksudkan untuk menghambat perkembangan komunitas Falun Gong di Orange County, New York,” kata jaksa federal dalam pengajuannya ke pengadilan tahun lalu, dengan alasan bahwa kedua pria tersebut harus tetap ditahan untuk mencegah mereka melarikan diri ke Tiongkok.

John Chen tampaknya beroperasi dari Tianjin, markas Kantor 610, sebuah badan keamanan di luar hukum yang didirikan pada tahun 1999 oleh PKT untuk melenyapkan Falun Gong. Penargetan yang dilakukannya terhadap para pembangkang Tiongkok di Amerika Serikat membuat John Chen semakin terkenal di dalam PKT, termasuk tiga kali bertemu dengan Xi Jinping, pemimpin terpenting PKT, menurut dokumen pengadilan.

Chen Jun, juga dikenal sebagai John Chen, menghadiri acara pro-Beijing yang ia selenggarakan di San Gabriel Mission Playhouse di California, pada bulan Oktober 2016. “Mereka seperti saudara sedarah,” kata Chen, mengacu pada rekan-rekan PKT-nya, dalam sebuah percakapan dengan agen FBI yang menyamar.

“Kami memulai perlawanan terhadap [pendiri Falun Gong] dua puluh, tiga puluh tahun yang lalu. Mereka selalu bersama kita,” tuturnya.

Referensi pada “pendiri Falun Gong,” serta fakta bahwa Chen dan Lin mengarahkan skema suap mereka ke kantor IRS Orange County, tidak diragukan lagi bahwa entitas yang menjadi sasaran adalah Shen Yun.

Scilla memiliki ikatannya sendiri dengan Tianjin. Berdasarkan informasi yang diulas oleh The Epoch Times, ia tinggal di kota metropolitan Tiongkok utara selama bertahun-tahun, dan satu-satunya sumber pendapatan potensial tampaknya adalah perusahaan konsultan yang ia dirikan bersama istrinya yang berkewarganegaraan Tionghoa di Tianjin pada 2019, tak lama setelah ia pindah ke Tiongkok. Di Amerika Serikat, ia meluncurkan kampanyenya melawan Dragon Springs. Namun Scilla tidak mau menanggapi beberapa pertanyaan dari The Epoch Times.

John Chen mengaku juga memiliki bisnis di Tianjin dan mengindikasikan kepada agen FBI yang menyamar bahwa ia mungkin ingin melakukan perjalanan ke Tiongkok dan mendapatkan bayaran di sana, “dengan menyatakan bahwa aksesnya terhadap sumber daya di [Tiongkok] jauh lebih kecil daripada aksesnya pada masa lalu di Amerika Serikat,” kata jaksa.

Chen dan Lin sekarang menghadapi tuduhan bertindak sebagai agen Tiongkok yang tidak terdaftar, melakukan penyuapan, dan berbagai konspirasi, termasuk melakukan pencucian uang.

Mengikuti Garis Partai
Pada tahun 2001, penerbit The New York Times saat itu, Arthur Sulzberger Jr., memimpin delegasi penulis dan editor surat kabar tersebut ke Beijing, di mana mereka bernegosiasi dengan PKT untuk membuka blokir situs surat kabar tersebut di Tiongkok. Beberapa hari setelah surat kabar tersebut menerbitkan wawancara yang menyanjung dengan pemimpin PKT saat itu, Jiang Zemin, situs web tersebut tidak diblokir. Pada tahun 1999, Jiang secara pribadi meluncurkan kampanye untuk “memberantas” Falun Gong, yang bertentangan dengan keinginan pejabat tinggi PKT lainnya.

Ketika penganiayaan berkobar dengan keganasan yang semakin meningkat, The Washington Post dan The Wall Street Journal memproduksi liputan yang sangat kritis mengenai kekejaman rejim PKT dan mengungkap propagandanya yang bertujuan untuk memfitnah Falun Gong.

The New York Times mengambil pendekatan sebaliknya, meminjamkan real estate yang luas untuk propaganda rejim komunis. Dalam satu kasus, surat kabar tersebut bahkan menirukan kalimat bahwa praktisi Falun Gong mendapat manfaat dari upaya PKT untuk mencuci otak dan memaksa mereka melepaskan keyakinannya.

Seorang praktisi Falun Gong, yang “masih berada di kamp penjara,” yang dikutip mengatakan bahwa ‘pusat pendidikan ulang lebih nyaman daripada rumah saya’ dan ‘polisi di pusat tersebut sangat sopan dan baik hati,’” kata salah satu praktisi dalam berita itu.

Hampir dua pertiga artikel berita surat kabar tersebut mengenai Falun Gong selama 25 tahun terakhir memuat berbagai kebohongan dan penafsiran keliru, yang biasanya diambil dari media corong PKT, menurut laporan FDIC yang diperoleh The Epoch Times.
Lusinan artikel telah melabeli Falun Gong sebagai “sekte”, “sekte”, “sekte jahat”, atau “sekte jahat.”

Dalam beberapa kasus, surat kabar tersebut mengakui bahwa label tersebut berasal dari PKT, namun dalam kasus lain, surat kabar tersebut memberikan label tersebut dengan suaranya sendiri.

Para sarjana agama Tiongkok, peneliti hak asasi manusia, dan bahkan jurnalis yang mencoba mengenal Falun Gong telah menyimpulkan bahwa label semacam itu tidak berdasar.

Ian Johnson, yang menulis serangkaian laporan inovatif tentang Falun Gong untuk The Wall Street Journal pada tahun 2000, mengamati bahwa latihan ini “tidak memenuhi banyak definisi umum tentang aliran sesat.”

“Para anggotanya menikah di luar kelompok, mempunyai teman di luar kelompok, mempunyai pekerjaan normal, tidak hidup terisolasi dari masyarakat, tidak percaya bahwa akhir dunia sudah dekat dan tidak memberikan sejumlah besar uang kepada organisasi. Yang terpenting, bunuh diri tidak diterima, begitu pula kekerasan fisik,” tulisnya.

“Falun Gong pada dasarnya adalah sebuah disiplin yang apolitis dan berorientasi ke dalam, yang bertujuan untuk membersihkan diri secara spiritual dan meningkatkan kesehatan seseorang.”

Hanya dalam segelintir artikel The New York Times berhasil memasukkan penjelasan paling mendasar tentang keyakinan Falun Gong—prinsip inti dari Sejati, Baik, dan Sabar.

Karena semakin banyak bukti kebrutalan terhadap Falun Gong yang terkumpul, surat kabar tersebut mengabaikannya, menurut FDIC.

Pada tahun 2016, seorang reporter New York Times, Didi Kirsten Tatlow, bertemu dengan beberapa dokter transplantasi Tiongkok dan mendengar percakapan mereka yang menyatakan bahwa tahanan hati nurani digunakan di Tiongkok sebagai sumber organ untuk transplantasi. Pada waktu yang sama, beberapa pengacara dan peneliti hak asasi manusia telah mengumpulkan bukti substansial yang menunjukkan bahwa PKT memang membunuh tahanan hati nurani untuk mendorong industri transplantasi yang berkembang pesat, dan target utamanya adalah Falun Gong.

Tatlow siap untuk melanjutkan penyelidikan tetapi mengatakan dia diblokir oleh editornya.
“Itu adalah kesan saya The New York Times, perusahaan tempat saya bekerja saat itu, tidak senang saya meneruskan cerita-cerita ini [tentang pelanggaran transplantasi organ], dan setelah awalnya menoleransi upaya saya, membuat saya tidak mungkin melanjutkannya,” katanya dalam kesaksian tahun 2019 di China Tribunal, sebuah panel ahli independen yang meninjau bukti pengambilan organ secara paksa.

Setelah mendengarkan lebih dari 50 saksi, termasuk jurnalis, peneliti, dokter, dan mantan tahanan Tiongkok, panel menyimpulkan pada bulan Juni 2019 bahwa “pengambilan organ secara paksa [telah] dilakukan selama bertahun-tahun di seluruh Tiongkok dalam skala yang signifikan dan bahwa praktisi Falun Gong [telah] menjadi salah satu—dan mungkin yang utama—sumber pasokan organ.” Keputusan akhir panel tersebut tersebar luas di media, memicu pemberitaan di The Guardian, Reuters, Sky News, New York Post, dan puluhan media lainnya.

“Namun The New York Times tidak bersuara,” kata FDIC. Dalam beberapa tahun terakhir, liputan surat kabar tersebut mengenai Falun Gong berubah menjadi “permusuhan secara terbuka,” katanya.

Pada tahun 2020, dengan memanfaatkan semangat anti-rasisme pada saat itu, surat kabar tersebut memuat klaim bahwa Falun Gong melarang pernikahan antar ras– sebuah kebohongan yang jelas, karena pernikahan antar-ras adalah hal biasa di kalangan praktisi Falun Gong. Artikel-artikel tersebut juga menggambarkan Falun Gong sebagai “rahasia,” “ekstrim,” dan “berbahaya” tanpa berusaha membuktikan klaim tersebut, kata laporan itu.

Di sisi lain, kebrutalan penganiayaan diabaikan hanya sebagai tuduhan, dan upaya Falun Gong untuk mengcounternya dikategorikan sebagai “kampanye humas.”

Sejarah Propaganda
The New York Times memiliki sejarah buruk dalam memperkuat propaganda komunis.
Pada tahun 1930-an, reporter bintang Rusia, Walter Duranty, dengan terkenal menutupi kelaparan yang disebabkan oleh ulah Soviet di Ukraina dan bahkan mengumpulkan Hadiah Pulitzer untuk itu.

Dalam percakapan pribadi, Duranty menegaskan bahwa dia sadar akan kelaparan tersebut, menurut “Persepsi Intelijen AS tentang Kekuatan Soviet, 1921–1946” yang ditulis oleh pakar Soviet Leonard Leshuk.

Duranty mengatakan kepada seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS di Berlin “bahwa ‘sesuai dengan The New York Times dan pemerintah Soviet’, kiriman resminya selalu mencerminkan pendapat resmi rejim Soviet dan bukan pendapatnya sendiri,” tulis Leshuk.

Beberapa dekade kemudian, surat kabar tersebut menugaskan seorang konsultan untuk menentukan apakah Pulitzer harus dikembalikan. Konsultan menyimpulkan bahwa hal itu seharusnya dilakukan, namun surat kabar tersebut menolak melakukannya.

Kegagalan Duranty bukanlah insiden yang terisolasi, menurut “The Grey Lady Winked” oleh Ashley Rindsberg.

“Surat kabar ini secara terang-terangan menerbitkan propaganda pro-Komunis sebagai laporan berita selama tahun-tahun kritis awal kebangkitan Uni Soviet,” dan terus berlanjut hingga tahun-tahun Soviet berikutnya, tulis Rindsberg.

“The New York Times secara rutin memuat laporan berita dan analisis yang ditulis oleh agen komunis dan simpatisan Soviet. Jika pimpinan Times merasa pemberitaan pro-Soviet tidak akurat atau menyesatkan, mereka pasti tidak akan melakukan apa pun.”

Mao Zedong, yang perintahnya menyebabkan kematian sekitar 80 juta orang, pernah dipuji oleh surat kabar tersebut sebagai “reformis agraria yang demokratis.” “Eksperimen sosial di Tiongkok di bawah kepemimpinan Ketua Mao adalah salah satu yang paling penting dan sukses dalam sejarah umat manusia,” tulis David Rockefeller dalam opini editorialnya pada tahun 1973.

Ketika Fidel Castro hendak merebut kekuasaan di Kuba, The New York Times juga membantu menopang citranya dengan menyebutnya “demokratis.” Penerbit surat kabar tersebut bahkan bertemu dengan Castro pada saat itu. Diktator komunis tersebut kembali diterima di kantor pusat surat kabar tersebut pada tahun 1995, disertai dengan liputan positif mengenai kunjungannya ke AS, dan sekali lagi pada tahun 2000, tulis Rindsberg.

Tom Kuntz, mantan editor surat kabar tersebut, “prihatin” melihat Castro menikmati sambutan yang luar biasa di kantornya, dengan kerumunan staf mengikuti diktator tersebut berkeliling.
“Sepertinya Michael Jackson atau Elvis masuk ke dalam gedung,” katanya kepada The Epoch Times.

Pengaruh PKT
Sejak penerbit The New York Times sebelumnya, Sulzberger, memutuskan untuk menerbitkannya secara global, kehadirannya di Tiongkok telah menjadi prioritas utama, dan surat kabar tersebut memiliki biro di Beijing dan Shanghai. Namun, akses tersebut tampaknya disertai dengan ikatan.
“Selalu ada persoalan, jika Anda ingin menjadi surat kabar global, apa yang harus Anda lakukan untuk menjaga Tiongkok tetap bahagia dan mempertahankan bisnis di sana?” kata Pak Kuntz.

“Selalu ada ketegangan, dan saya tahu ketegangan tersebut, seperti banyak perusahaan lainnya, berusaha mempertahankan akses ke Tiongkok.”

Pada tahun 2012, surat kabar tersebut memuat pemaparan tentang kekayaan keluarga Wen Jiabao, yang saat itu merupakan perdana menteri Tiongkok dan salah satu suara terakhir yang mendukung reformasi politik ringan di kalangan kepemimpinan Partai.
PKT menanggapinya dengan memblokir situs web New York Times, termasuk versi Tiongkok yang baru diluncurkan beberapa bulan sebelumnya.

Para eksekutif surat kabar tersebut, termasuk Sulzberger, mencoba membujuk Partai untuk memperbarui akses.

“Kami memulai upaya lobi selama setahun, berharap blokade tersebut dibatalkan. Kami berulang kali bertemu dengan kantor informasi Dewan Negara dan Kementerian Luar Negeri; kami bekerja dengan pimpinan kantor berita Xinhua (posisi setingkat menteri) dan pimpinan People’s Daily (posisi setingkat menteri lainnya); kami berbicara dengan mantan direktur hubungan pemerintah pada masa pemerintahan Rupert Murdoch, yang memiliki hubungan keluarga dengan Departemen Propaganda Pusat; kami bahkan mencoba negosiasi jalur belakang dengan serangkaian perantara yang mengaku mempunyai pengaruh dengan orang-orang di sekitar Presiden Xi. Tentu saja, kami berusaha di setiap kesempatan untuk bertemu langsung dengan Presiden Xi, berharap kesuksesan yang sama terulang kembali bersama Presiden Jiang,” tulis Craig Smith, yang mempelopori pembuatan situs web berbahasa Mandarin.

Editor eksekutif saat itu, Jill Abramson, kemudian mengeluh dalam bukunya bahwa Sulzberger bertindak di belakang punggungnya dan, “dengan masukan dari kedutaan Tiongkok, sedang menyusun surat dari [New York] Times kepada pemerintah Tiongkok, kecuali meminta maaf atas kesalahan awal kami,” cerita mereka.

“Draf tersebut menurut saya tidak menyenangkan dan kami meminta maaf atas ‘persepsi’ yang dibuat oleh cerita tersebut. Tekanan darah saya naik saat saya membacanya,” tulisnya.

Ketika dia mengkonfrontasi penerbitnya, penerbit terus mengulangi, “Saya tidak melakukan kesalahan apa pun” dan setuju untuk menyusun ulang surat tersebut, katanya.
Versi finalnya masih “tidak menyenangkan,” tulis Ms. Abramson.
“Kata ‘maaf’ tetap ada di draf akhir surat yang saya lihat.”

Setelah tahun 2012, desakan The New York Times untuk “menembus pasar Tiongkok daratan” memunculkan banyak inisiatif baru, termasuk publikasi cetak, buletin, dan situs gaya hidup, tulis Smith. Pada tahun 2019, kantor surat kabar tersebut di Tiongkok mempekerjakan lusinan reporter, sebagian adalah penduduk asli Tiongkok, dan sebagian koresponden—jumlah terbesar yang dimiliki surat kabar tersebut di lokasi luar negeri mana pun.

Tahun 2020, The New York Times telah berulang kali dikritik karena memuat opini yang mendorong kebijakan Beijing, termasuk opini yang ditulis oleh dewan editorialnya tahun lalu dengan judul “Siapa yang Diuntungkan dari Konfrontasi dengan Tiongkok?”

Op-ed tersebut merupakan dukungan terhadap kebijakan “keterlibatan” dengan Tiongkok yang gagal, menurut Bradley Thayer, peneliti senior di Pusat Kebijakan Keamanan, pakar penilaian strategis Tiongkok, dan kontributor The Epoch Times.

Dia menyalahkan The New York Times atas “kebodohan ideologis mereka yang menolak melihat sifat rezim komunis sebagaimana adanya.”

Dari sudut pandang lain, The New York Times mempunyai kepentingan untuk menghindari konfrontasi dengan Tiongkok hanya karena mereka ingin mempertahankan akses, kata James Fanell, mantan perwira intelijen angkatan laut dan pakar Tiongkok. “Saya pikir itu sudah jelas,” katanya.

The Epoch Times mengirimkan 13 pertanyaan spesifik kepada The New York Times ketika meminta komentar mengenai tuduhan yang diuraikan dalam artikel ini. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mencakup topik-topik termasuk mengapa para reporternya tampaknya hanya mencari wawancara negatif; surat kabar tersebut sebelumnya memberikan gambaran yang salah mengenai Falun Gong berdasarkan propaganda PKT; dan bagaimana menggambarkan Shen Yun secara negatif berpotensi membantu PKT dalam upayanya menekan perbedaan pendapat di dalam dan luar negeri.

The New York Times menolak untuk menanggapi pertanyaan apa pun, dan hanya mengatakan, “Secara umum, kami tidak mengomentari apa yang mungkin atau tidak akan diterbitkan dalam edisi mendatang.”

(Sumber: The Epoch Times)

Berita Terkait