Dandim 0713 Brebes Pimpin Pedang Pora, Lepas Anggota Purna Tugas

adilnews | 7 May 2024, 14:04 pm | 26 views

Brebes – Untuk pertamakali dalam sejarah Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusma, Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si pimpin Upacara Tradisi Pedang Pora yang dipersembahkan untuk melepas dus anggotanya Purna Tugas yang selama ini mendedikasikan diri untuk mengabdi kepada TNI.

Dandim didampingi Ketua Persit Cabang XXIII Ny. dr. Novi sapto, Sp.M. dan dihadiri para Danramil dan anggota Kodim serta pengurus Persit Cabang berlangsung khidmat di halaman Makodim Brebes, Jalan Jenderal Soedirman 107 Brebes, Jawa Tengah pada Selasa (07/05/2024).

Kegiatan Upacara Pedang Pora menjadi tradisi baru di Kodim 0713 Brebes, khususnya untuk personel yang menjalani wisuda purna wira. Tradisi pedang pora itu disimbolkan sebagai upacara penghormatan atas jasa-jasa pengabdian anggota yang selesai masa tugasnya. Pedang Pora ini menunjukkan semangat Kodim mengantarkan anggota yang selesai masa tugas. Dengan harapan, semua akan melanjutkan perjuangannya dan yang pensiun semoga tetap diberikan kesehatan dan keselamatan.

Tersirat wajah bahagia para purna bakti dalam upacara pelepasan ini. Tradisi pedang pora untuk melepas purna bakti ini setiap tahun dilakukan Kodim jika ada Perwira yang pensiun. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada para anggota atas kinerja dan dedikasi selama menjadi anggota TNI. Mereka telah berkarya dan mengabdi kepada negara. Selain itu, tradisi ini juga bentuk penghormatan kita kepada para senior.

Dandim Letkol Infanteri Sapto Broto dalam kesempatannya mengatakan bahwa hari ini kami Kodim 0713 Brebes merasa bangga bahwa mempunyai prajurit-prajurit sejati yang mereka bisa mendarmabaktikan dirinya di TNI khususnya Kodim 0713 Brebes.

“Saya mengapresiasi dan menaruh bangga dan hormat pada mereka, mudah-mudahan mereka bisa menjadi contoh kepada kami yang muda-muda untuk bisa mendarmabaktikan diri kita sampai nanti pensiun. Tentunya apa yang telah mereka perbuat para senior ini akan menjadi gambaran menjadi contoh bagi kami yang junior-junior untuk meneruskan melanjutkan perjuangan para purnawirawan para pejuang-pejuang negara untuk menjalankan tugas sebagai pengayom, pelindung, pelayan masyarakat disini,” tutur Dandim.

Ditambahkan Dandim bahwa Tradisi Pedang Pora ini merupakan sejarah baru untuk anggota Kodim yang purna tugas, dan menjadi tradisi satuan Kodim 0713 Brebes selanjutnya.

Perlu diketahui bersama bahwa Dandim 0713 Brebes melepas purnawira yaitu Danramil 03 Wanasari Kapten Cpl A. Chaerul Huda dan Pelda Hernawan Fuadi serta memimpin serah terima jabatan Kapten Inf Yatno Danraml 08/Bumiayu menjadi Danramil 15/Ketanggungan, Kapten Inf Sutarno Danramil 07/Bulakamba menjadi Danramil 11/Paguyangan, Kapten Caj Bambang Eko Prasetyo Kaurdosperspra Simin Dospers Ajendam IV/Dip menjadi Danramil 17/Songgom, Kapten Arh Nediono Danramil 10/Sirampog menjadi Danramil 01/Brebes, Kapten Inf M. Tuteng Aryolona P. Danramil 17/Songgom menjadi Danramil 07/Bulakamba, Kapten Arm Jupriadi Danramil 06/Kersana menjadi Danramil 03/Wanasari dan Letda Inf Sukirno Paurprod Pen Korem 071/Wk menjadi Danramil 10/Sirampog. (Faerus)

Berita Terkait