Sebanyak 1.257 Jemaah Calon Haji Diberangkatkan dari Tegal

adilnews | 7 May 2024, 13:58 pm | 21 views

Slawi – Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud secara simbolis melepas keberangkatan 1.257 jemaah calon haji asal Kabupaten Tegal dari Pendopo Amangkurat, Slawi pada Senin (06/05/2024). Sebanyak 32 armada bus serta dua kendaraan kontainer disiapkan untuk mengangkut perlengkapan para jemaah.

Alokasi APBD Kabupaten Tegal untuk kegiatan operasional penyelenggaraan haji tahun ini mencapai Rp3,3 miliar. “Selain armada bus dan angkutan barang, kami juga sudah menyiapkan konsumsi bagi jemaah calon haji saat perjalanan menuju embarkasi di Kota Solo. Semoga apa yang diberikan pemerintah daerah ini dapat melancarkan perjalanan ibadah haji bapak dan ibu sekalian,” jelas Sekda Amir.

Amir pun menitip pesan kepada jemaah calon haji agar senantiasa mendengarkan dengan baik semua informasi, petunjuk dan arahan dari ketua regu maupun petugas pelayanan haji. Amir pun minta petugas haji yang mendampingi bisa memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah, khususnya lansia.

“Terus jalin koordinasi dengan semua pihak agar kegiatan pelayanan yang diberikan dapat berjalan dengan baik dan optimal,” lanjutnya.

Selain itu, jemaah calon haji juga diminta senantiasa mendoakan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tegal di tempat-tempat yang makbul seperti multazam, makam Ibrahim, Hijir Ismail, raudhah, dan Masjid Nabawi agar pembangunan di Kabupaten Tegal berjalan lancar dan mampu memberikan manfaat, mendatangkan keberkahan dan gawe bungah masyarakat Kabupaten Tegal.

Tak lupa Amir juga menyampaikan ucapan terima kasihnya ke Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal selaku Kepala Staf Penyelenggaraan Haji dan Umrah, para pembimbing dan petugas haji, seluruh panitia pelaksana dan semua pihak yang telah mempersiapkan acara pelepasan jemaah calon haji sehingga semuanya dapat berjalan baik, tertib, dan lancar.

“Selamat jalan kepada bapak, ibu tamu-tamu Allah yang akan segera akan bertolak ke tanah suci, mengunjungi baitullah dalam rangkaian ibadah haji sebagai salah satu rukun Islam yang ke-lima,” ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal Kasori menjelaskan jumlah jemaah calon haji Kabupaten Tegal tahun ini mencapai 1.257 orang yang terdiri dari 575 laki-laki dan 682 perempuan.

Mereka terbagi ke dalam lima kloter, yaitu kloter 27 sebanyak 131 orang, gabungan dengan jemaah asal Kabupaten Brebes, kemudian kloter 28, 29, dan 30, masing-masing berjumlah 355 orang jemaah, dan kloter 31 sebanyak 61 orang jemaah, gabungan dengan Kabupaten Pemalang.

Berdasarkan klasifikasi umur, jumlah jemaah calon haji usia 19-30 tahun sebanyak 29 orang, usia 31-40 sebanyak 61 orang, usia 41-50 sebanyak 239 orang, usia 51-60 sebanyak 454 orang, usia 61-70 sebanyak 363 orang, usia 71-80 sebanyak 71 jemaah, dan usia 81-91 sebanyakj 41 orang.

“Tagline musim haji kali ini yaitu Haji Ramah Lansia. Ini karena jemaah calon haji berusia 51 hingga 91 tahun mendominasi hingga 73 persen,” terangnya.

Diketahui, jemaah callon haji tertua tahun ini kelahiran 1 Juli tahun 1932 atau usia 91 tahun atas nama Abidin, warga Desa Cawitali, Kecamatan Bojong. Sedangkan jemaah calon haji termuda kelahiran 30 April 2005 atau usia 19 tahun atas nama Aprilia Wulandari asal Desa Karangmulya, Kecamatan Bojong. (Faerus)

Berita Terkait