Tegal Menuju Pengelolaan Sampah yang Terintegratif dan Partisipatif

adilnews | 1 June 2024, 01:38 am | 94 views

SLAWI- Kado Istimewa persembahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal di Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke-423 tahun adalah ditandatanganinya MoU Pemerintah Kabupaten Tegal dengan InSWA-CLOCC dalam pengembangan Konsep Pengelolaan Sampah yang terintegratif dan Partisipatif.

Kesepahaman tersebut dilakukan dalam kegiatan “Pelatihan Dasar Program Peningkatan Kapasitas Kabupaten Tegal Dalam Pengelolaan Sampah” yang diadakan oleh Inswa di Antasena Hall Grand Dian Hotel Guci, Tegal Kamis (30/5/2024). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala DLH Kabupaten Tegal, Kepala Dinas Permasdes, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja serta tamu undangan lainnya.

M. Satya Oktamalandi, S.T., M.S.M Sekjend InSWA yang biasa disapa Andik menjelaskan terpilihnya Kabupaten Tegal dalam kerjasama dengan InSWA sudah melalui seleksi yang ketat dari 9 kabupaten/ kota se- Jawa Tengah. Salah satunya sudah terbangunnya Ekosistem pengelolaan sampah antara pemerintah dan masyarakatnya.

Sebelumnya InSwa sudah melakukan kerjasama di dua kabupaten yaitu Banyuwangi dan Tabanan Bali dengan membangun Masterplan Konsep Pengelolaan sampah yang terintegratif dan partisipatif.

Sementara itu Muchtar Mawardi selaku Kepala DLH  Kabupaten Tegal menyambut baik adanya MoU antara InSWA dengan Pemerintah Kabupaten Tegal dalam membangun Masterplan Konsep Pengelolaan Sampah yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder sehingga permasalahan sampah dapat terselesaikan.

Saat ini timbulan sampah Kabupaten Tegal mencapai 480 ton/ hari maka dengan adanya Program CLOCC diharapkan target pengurangan sampah di tahun 2030 mencapai angka 30 persen. Dan tujuan akhirnya adalah mencegah jangan sampai sampah an-organik mencemari laut, pungkas Muchtar. (Hb/ Red)

Berita Terkait