Pedang Perang Salib Ditemukan di Pantai Italia

adilnews | 30 April 2024, 16:36 pm | 184 views

Dua tahun lalu ditemukan pedang yang dibuang oleh Kaisar Mongol Jenghis Khaan di pantai Italia pada abad ke-15. Penyelam amatir menemukan pedang itu dan artefak kuno lainnya di dasar laut Israel utara, demikian menurut pernyataan dari the Iѕrаel Antіquіtіes AuthorіtyI (IAA).

Penyelam itu sedang menyelam pada tanggal 9 Oktober 2021, ketika dia menemukan pedang, yang memiliki gagang sepanjang satu kaki, bersama dengan jangkar batu, jangkar logam, dan pecahan tembikar. Artefak tersebut “tampaknya ditemukan oleh gelombang dan arus bawah yang menggeser pasir,” kata IAA.

Penyelam tersebut mengangkat pedangnya ke permukaan agar tidak dicuri atau ditutup-tutupi lagi, sebelum diserahkan kepada IAA

Pedang itu ditemukan dikedalaman 200 meter (656 kaki) dari pantai, pada jarak empat meter (13 kaki), Koby Shаrvіt, direktur Unit Arkeologi Kelautan IAA, sebagaimana dikutip oleh CNN.

Ukuran dan bentuknya menunjukkan bahwa itu milik seorang Tentara Salib, begitu pula fakta bahwa benda pusaka itu ditemukan hanya beberapa kilometer dari kastil Atlіt, sebuah benteng Tentara Salib, tambah Sharvіt.

Berasal dari tahun 1096 hingga akhir abad ke-13, Perang Salib adalah serangkaian ekspedisi militer yang dilakukan oleh umat Kristen Eropa Barat yang bertujuan untuk ekspansi merebut kembali Tanah Suci di Timur Tengah setelah berabad-abad dikuasai oleh umat Muslim.

Nіr Diѕtelfeld, Inspektur Unit Pencegahan Perampokan IAA, mengatakan pedang tersebut merupakan barang langka yang disimpan dalam kondisi sempurna. “Ditemukan bertatahkan organisme laut, tetapi tampaknya terbuat dari besi,” kata Dіѕtelfeld dalam pernyataannya.

“Sangat menyenangkan untuk menemukan objek pribadi seperti itu, membawa Anda 900 tahun kembali ke era yang berbeda, dengan ksatria, baju besi, dan pedang.”

Shаrvіt mengatakan kepada CNN bahwa pedang itu terawetkan dengan baik karena terkubur di lapisan pasir yang dalam, tanpa oksigen. Saat ini beratnya sekitar 5-6 kilogram (11-13 pon) karena lapisan batu dan cangkang, tetapi pedang itu sendiri mungkin berbobot 1-2 kilogram (2,2-4,4 pon), katanya.

Berita Terkait