Inovasi SCADA pada Perumdam Brebes

adilnews | 1 May 2024, 09:23 am | 15 views

Brebes- Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Baribis Kabupaten Brebes terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pelayanan kepada pelanggan. Hal tersebut memacu Perumdam Tirta Bribis Brebes untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder. Inovasi yang diciptakan kali ini berupa Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA).

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama Perumdam Tirta Baribis Agus Isyono, S.E., M.M saat launching SCADA berbarengan dengan Gebyar Undian Pelanggan Tahun 2023 bersama Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, S.H., M.Hum, Kajari Brebes dan Dirut Tirta Utama Jateng di Aula Perumdam setempat, Selasa (30/4/2024).

SCADA, lanjut Agus, merupakan sebuah sistem yang mengawasi dan mengendalikan peralatan proses yang tersebar secara geografis jaringan perpipaan. Sistem ini bisa memantau secara langsung sistem jaringan perpipaan. Di samping memudahkan dalam operasi dan pemantauan, salah satu tujuan system SCADA adalah untuk mengetahui terjadinya kebocoran air sehingga petugas dapat cepat tanggap untuk mengatasinya.

“SCADA akan dipantau melalui Command Centre Perumdam Tirta Baribis yang tidak hanya memonitor debit air, tetapi juga akan memantau pengaduan dari pelanggan, efisiensi penagihan, dan penilaian kinerja Perusahaan,” papar Agus.

Lanjut Agus, di Hari Ulang Tahun ke-32 sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan yang pembayaran rekening tiap bulannya lancar dan tidak pernah nunggak di tahun 2023 akan diberikan hadiah. Hadiah yang disediakan sebanyak 32 item yakni: 3 Unit Motor Listrik, 3 TV 32 Inch, 3 Mesin Cuci 2 tabung, 3 Kulkas 1 pintu, 10 Hp Android, dan 10 Kipas angin.

Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, S.H., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi dan selamat atas kemajuan Perumdam Tirta Baribis yang usianya memasuki 32 tahun. Keberadaannya telah begitu lekat dengan masyarakat, bahkan menjadi bagian yang sangat penting yang tidak bisa terpisahkan barang sedetikpun.

Untuk mencapai kondisi Perumda air minum yang berciri korporasi profesional, tentu tidak lepas dari peran para stakeholder yaitu pemerintah daerah sebagai pemilik, dewan pengawas dan segenap jajaran manajemen serta masyarakat pelanggan.

Iwan berharap semua pihak dapat berbuat yang terbaik secara bersama-sama untuk mewujudkan Perumda air minum yang maju, mandiri dan profesional, sehingga dapat bersaing di tengah ketatnya persaingan usaha pada era sekarang.

“Alhamdulillah Perumdam Tirta Baribis pada kesempatan ini meluncurkan SCADA,. Sistem yang dibutuhkan memantau kebocoran pipa sehingga bisa cepat terdeteksi dan teratasi. Juga memberikan kebutuhan pelanggan dengan cepat dan akurat,” ungkap Iwan.

Untuk itu, Iwan mengapresiasi Perumdam Tirta Baribis atas inovasi ini. Dia yakin dengan berbagai program dan inovasi yang dilakukan dapat memberikan manfaat serta memudahkan layanan kepada masyarakat. (HB/ Red)

Berita Terkait