Akhirnya, Indonesia dapat Perunggu Badminton Olimpiade

adilnews | 6 August 2024, 05:21 am | 171 views

Oleh: Dr. KRMT Roy Suryo, M.Kes*

Saya -sengaja- menggunakan diksi “Akhirnya” sebagai awal judul diatas, bukannya “Alhamdulillah” atau malahan “Innalilahi” agar tidak seperti (sok) mau berkesan “agamis”, namun salah kaprah sebagaimana yg dilakukan oleh Menkominfo Budi Arie Setiadi saat Raker dgn Komisi-1 DPR-RI ttg Pembobolan PDNs (Pusat Data Nasional sementara) 27/06/2024 yg sempat sang Menteri saat itu ditegur & dikoreksi oleh Anggota DPR-RI Sukamta (F-PKS), sungguh “terwelu” alias terlalu memalukan.

Namun kali ini memang bisa dibenarkan kalau digunakan diksi “Alhamdulillah”, karena kita harus tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, meski prestasi Atlet2 Badminton di Olimpiade Paris 2024 kali ini dibawah target yg sudah dicanangkan oleh PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). Raihan 1 Perunggu yg didapat Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu2nya medali dari Cabor (Cabang Olahraga) yg biasanya menjadi “tradisi emas” Indonesia di ajang olahraga bergengsi dunia empat tahunan tsb.

Meski dari Cabor lain -misalnya Panjat Tebing dan Angkat Besi- kita masih memiliki asa utk mendapatkan medali dan mempertahankan “tradisi emas” itu, namun memang saat tulisan ini dibuat kedua Cabor tsb belum dimulai pertandingan2nya. Jadi saat ini memang khusus dibahas bagaimana dinamika prestasi Badminton Indonesia yg dimulai semenjak dipertandingkan dalam Olimpiade Barcelona 32 tahun lalu (1992) yg selalu dikenang sebagai “Pasangan Emas” Allan Budikusuma – Susi Susanti karena pertamakali ikut dan langsung menyabet 2 (dua) emas.

Secara total dalam 11 (sebelas) Olimpiade yg diikuti hingga kini Indonesia sudah berhasil meraih 8 (delapan) emas, 14 (empatbelas) perak & 16 (enambelas) perunggu dan dari berbagai Cabor & nomor berbeda, termasuk yg barusan didapat Georgi. Sementaea pesta Olahraga Olimpiade ini sendiri sebenarnya ada semenjak tahun 1896 dan keikutsertaan Indonesia sudah dimulai di tahun 1952 di Olimpiade Helsinski Finlandia yg saat itu mengikutsertakan 3 (tiga) Atletnya: Maram Sudarmodjo (Lompat tinggi), Habib Suharko (Renang) & Thio Ging Hwie (Angkat Berat).

Debut “pasangan emas” di tahun 1992 saat itu juga dibarengi oleh Ganda Putra Eddy Hartono/Rudi dan Tunggal Putra Hermawan Susanto yg masing2 memperoleh 1 Perak & 1 Perunggu. Setelah itu memang “tradisi emas” terus ditorehkan oleh Atlet2 Badminton lainnya seperti Ganda Putra Ricky/Rexy di Amerika Serikat 1996, Ganda Putra Toni/Chandra di Sidney 2000, Tunggal Putra Taufik Hidayat di Athena 2004, Ganda Putra Hendra/Kido di Beijing 2008, Ganda Campuran Owi/Butet di Brasil 2016 & Ganda Putri Polii/Apriani di Tokyo 2020.

Memang sempat Indonesia Zonk dalam medali emas yakni ketika Olimpiade London 2012, namun untungnya 12 tahun lalu tsb masih ada Cabor lain (Angkat besi) dgn Atlet Triyatno, Citra & Eko Yuli yg menyumbang 2 Perak & 1 Perunggu. Memang selain Badminton Cabor Angkat Besi ini juga beberapakali berkontribusi menyumbang Medali semenjak Olimpiade Beijing 2008 & bahkan jauh sebelumnya saat di Seoul 1988 3 Srikandi Indonesia (Nurfitriana, Kusumawardhani & Lilis) juga sudah memulai prestasi Indonesia dgn menyumbangkan Medali Perak.

Sayang sekali di tahun 2024 ini meski turun dgn 9 (sembilan) pemain di 5 (lima) nomor Cabor Badminton, Jonathan Christie & Antony Sinisuka Ginting (Tunggal Putra), Fajar Alfian/Muh Rian Ardianto (Ganda Putra), Rinov Rinaldi/Pitha Haningyas (Ganda Campuran), Apriani Rahayu/Siti Fadila (Ganda Putri), hanya Gregoria Mariska Tunjung di Tunggal Putri saja yg bisa melenggang ke Babak Semifinal & Akhirnya mendapatkan Perunggu. Sebenarnya Giorgi masih harus berjuang memperebutkan tempat ketiga tsb, namun calon lawan mainnya (Carolina Marin) cidera lutut & pertandingan tidak dilakukan.

Dengan (menurunnya) prestasi Cabor Badminton di Olimpiade Paris 2024 sekarang ini, apa yg seharusnya dilakukan oleh PBSI khususnya & Kemenpora pada umumnya? Sebab Olahraga yg diperkenalkan semenjak tahun 1860 silam oleh Isaac Spratt ini sebenarnya de facto sudah menjadi “trade mark” & kebanggaan Indonesia. Di berbagai pelosok Indonesia Badminton atau Bulutangkis ini sangat populer & Mudah serta murah dimainkan dimana-mana, jadi jangan sampai supremasi Indonesia di Cabor ini sirna akibat salah urus yg mengakibatkan tidak lahirnya lagi Atlet2 kebanggaan negeri yg (konon) gara2 ada like-and-dislike Pengurus PBSI saat ini dgn Klub2 Badminton binaan Sponsor yg sebenarnya sudah terbukti melahirkan pemain2 legendaris Indonesia.

Kira rindu era tempo doeloe dimana Indonesia sarat akan pemain2 kampiun seperti Sang Juara All England 8x Rudi Hartono, Perintis “Smash King” Liem Swie King, Ganda Putra Lejen Tjun-tjun/Johan Wahyudi, Christian/Ade Chandra, Riki Maulana/Rexi Mainaky, Tunggal Putra Lius Pongoh, Hastomo Arbi, Tunggal Putri Susi Susanti, Verawaty, Ivana Lie, hingga Mis Audina, dsb. Bisa dibayangkan saat pemain2 ini tampil, gegap gempita penonton utk selanjutnya menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan mengibarkan Bendera Merah Putih pasti sudah didepan mata.

Kesimpulannya, senyampang akan diselenggarakannya Munas PBSI 10-12/08/2024 di Surabaya mendatang, kita semua berharap agar kepemimpinan Ketua PBSI terpilih adalah sosok yg benar2 bisa mengayomi semua, tidak subyektif & figur yg sudah “selesai dgn pencitraannya”, artinya benar2 mendedikasikan waktu sepenuhnya utk Cabor Kebanggaan kita bersama ini. Jangan sampai malah PBSI digunakan hanya utk “kendaraan tumpangan” tujuannya yg lain, apalagi Politik. Kita semua rindu utk tersorak “Indonesia … indonesia … indonesia …” ketika Atlet2 kita berlaga dan akhirnya berjaya hingga Juara.

* Dr. KRMT Roy Suryo, M.Kes – Menteri Pemuda & Olahraga Ke-11 Kabinet Indonesia Bersatu (2013-2014), Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen – Jakarta, 04 Agustus 2024

Berita Terkait