Prabowo ke China, Menandai Kemesraan Dengan Xi Jinping

adilnews | 31 March 2024, 13:40 pm | 30 views

Belum juga dilantik menjadi Presiden RI, Prabowo Subianto sudah melawat ke China pada hari ini, Minggu 31 Maret 2024. Kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo yang juga merupakan calon presiden terpilih ini merupakan undangan dari Presiden China Xi Jinping. Selain akan bertemu dengan Xi, Prabowo juga akan menemui Perdana Menteri China Li Qiang.

Kepastian kunjungan itu disampaikan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha. Menurutnya, kunjungan Prabowo ke China dalam rangka mempererat hubungan kerja sama Indonesia dan China utamanya di bidang pertahanan.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog dan kerja sama strategis yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional,” jelas Edwin Adrian Sumantha. Kunjungan Prabowo di China dijadwalkan berlangsung sampai 2 April 2024.

Dalam kunjungannya ke China, Prabowo didampingi putranya, Ragowo Hediprasetyo, dan sejumlah pejabat. Jajaran pejabat pemerintah dan DPR RI yang ikut antara lain, yaitu Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Letjen TNI (Purn.) Sjafrie Sjamsoeddin, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Letjen TNI Yudi Abrimantyo, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kemhan RI Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, Direktur Jenderal Rencana Pertahanan Kemhan RI Laksamana Muda TNI Supo Dwi Diantara, dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan RI Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari.

Rencana kunjungan Prabowo ke China lebih awal diumumkan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian pada Jumat (29/3). Lin, dalam siaran resmi yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri China, menekankan China menjadi negara pertama yang dikunjungi Prabowo sejak dia menjadi calon presiden terpilih.

Bagi Lin, itu menunjukkan eratnya hubungan Indonesia dan China. “Kunjungan tersebut merupakan peluang besar untuk terus meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama strategis yang komprehensif, dan menyinergikan strategi pembangunan dengan lebih baik guna memberikan contoh yang baik tentang negara-negara berkembang yang merangkul masa depan bersama,” kata Lin.

Sebelumnya, Presiden Xi dalam surat resmi kepresidenan tertanggal 20 Maret 2024 mengucapkan selamat kepada Prabowo atas terpilihnya dia sebagai presiden ke-8 RI. KPU RI pada 20 Maret 2024 menetapkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden terpilih di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Surat itu diserahkan ke Prabowo oleh Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang di Kantor Kemhan RI, Jakarta, 21 Maret 2024.

Pertemuan Prabowo dengan Xi Jinping di Beijing menjadi sorotan media China.
Meski diyakini hubungan mereka semakin mesra, tetapi ada keraguan Indonesia akan memihak atas rivalitas China dan Amerika Serikat (AS), serta Barat.

Media China Global Times mengungkapkan adanya harapan besar dari kedua belah pihak agar momentum hubungan persahabatan akan terus dipertahankan.

“Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan komunitas masyarakat Indonesia-China semakin maju, sekaligus menjadikan ini sebagai contoh negara berkembang bekerja sama untuk tujuan pembangunan bersama, yang bermanfaat bagi rakyat dua negara, dan turut berkontribusi terhadap kesejahteraan juga stabilitas di kawasan dan dunia,” kata Presiden Xi dalam suratnya ke Prabowo. (Fadjar)

Berita Terkait