Peringati Hardiknas, Mendikbudristek Titipkan Merdeka Belajar

adilnews | 3 May 2024, 11:38 am | 40 views

TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal mengadakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kota Tegal Tahun 2024 yang mengangkat tema “Pendidikan adalah bergerak bersama, lanjutkan merdeka belajar”, di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota Tegal, pada Kamis (2/5/2024) pagi.

Upacara turut dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal, Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkot Tegal, Camat dan Lurah se-Kota Tegal serta diikuti oleh peserta yang terdiri dari perwakilan ASN KORPRI, Mahasiswa, Pelajar, SKB/PKBM, ASN Disdikbud, Himpaudi dan PGSI.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal Dadang Somantri menitipkan “Merdeka Belajar” kepada seluruh pihak penggerak perubahan.

“Dengan penuh ketulusan, saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan. Dengan penuh harapan, saya titipkan merdeka belajar kepada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” ujarnya.

Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkannya tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Menurutnya bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar dan bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

“Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” ungkapnya.

Sesudah membacakan sambutan Mendikbudristek, Pj Wali Kota Tegal menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi dalam mendidik anak-anak penerus bangsa bukan hanya semata-mata menjadi tanggung jawab guru di sekolah. Tapi tentunya juga merupakan tanggung jawab orang tua di rumah juga.

Karena pembelajaran yang berkelanjutan dan berkesinambungan tidak hanya bisa didapat siswa di sekolah saja, namun juga harus diteruskan oleh orang tua saat para siswa ada di rumah.

“Dalam hal ini, pemerintah sebagai pemangku kebijakan harus selalu dapat memberikan fasilitas dan dukungan yang memadai demi kelancaran dan kenyamanan pendidikan para siswa sekalian,” ujar Dadang Somantri.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan Deklarasi Anti Narkoba Insan Pendidikan dan penyerahan piagam penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi dan persembahan karya buku oleh Forum Pena Guru Literasi. (HB/Red)

Berita Terkait