Penjaringan Kontestan Pilkada Kota Tegal Sudah Dibuka

adilnews | 6 May 2024, 15:54 pm | 38 views

Tegal- Sebagai bukti keseriusan menghadapi Pilkada 2024, PKS Kota Tegal melaunching Tahapan Penjaringan Balon Walikota/Wakil Walikota yang diusung PKS. Proses penjaringan dari awal sampai akhir akan dilakukan selama bulan Mei 2024.

Hal itu disebutkan pada momen Halal Bi Halal sekaligus Syukuran Milad PKS ke-22 yang diselenggarakan di Gedung Swan di Jl. Gatot Subroto, Kota Tegal pada 5 Mei 2024.

Acara tersebut dihadiri kurang lebih 500 peserta. Hadir diantaranya Ketua Badan Pembinaan Wilayah (BPW) PKS Jatijaya Abdul Fikri Faqih, segenap pengurus DPD, DPC, dan DPRa, Perwakilan RKI serta Calon Anggota Dewan PKS yang ikut kontestasi pada Pemilu Legislatif yang lalu.

Berikut jadwal Tahapan penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal yang akan diusung PKS Kota Tegal yang disampaikan oleh Sekretaris DPD PKS Rd. Muhammad Danil Mujib, S. Kom.

Sosialisasi 5-7 Mei 2024, Pengambilan formulir 8-15 Mei 2024, Pengembalian formulir 10-17 Mei 2024, fit and Proper test 23-24 Mei 2024, dan Pemira Berbasis UPA 30 Mei 2024.

“Proses penjaringan ini membutuhkan waktu sebulan. Selanjutnya penyerahan hasil fit and proper test dan pemira ke DPW pada tanggal 1 Juni 2024,” jelas Danil.

Danil menjelaskan, tahapan ini akan menjaring 2 nama yang diserahkan ke DPW PKS. DPD PKS Kota Tegal hanya terlibat secara teknis, sebab selanjutnya mekanisme menjadi domain DPW.

Menurut Ketua DPD PKS Kota Tegal H. Amiruddin, Lc sebelumnya memang sudah ada nama-nama kader yang siap diusung PKS. Sudah ada 6 nama, tapi itu baru komunikasi yang disampaikan secara lisan. Melalui penjaringan ini artinya nantinya nanti bisa jadi akan ada kader lain yang akan mendaftar sehingga jumlah kader yg mendaftar bisa jadi lebih dari 6 orang.

“Kita tidak menutup peluang kader yang punya keinginan utk dpt dicalonkan dari PKS. Yang penting mereka siap untuk menjalani mekanisme penjaringan dan siap menerima apapun hasil keputusan dalam proses penjaringan ini. Bahkan masyarakat umum jg kita beri kesempatan utk mendaftar selama mrk bersedia dengan ketentuan ini,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan PKS menyatakan kesiapan untuk mengusung kader untuk maju. Pilkada Kota Tegal. PKS bahkan secara terbuka siap berkoalisi dengan partai lain yang memiliki kesamaan visi untuk perbaikan Kota Tegal. (Faerus)

Berita Terkait