Empat Pesan Presiden Jokowi untuk Cagub Jateng Yang Didukung KIM Plus

adilnews | 16 September 2024, 07:52 am | 32 views

SOLO, ADILNEWS.COM – Pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahun 2024 ini menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Karena kemenangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus di provinsi ini menjadi pertaruhan bagi Jokowi dan partai politik pendukungnya untuk membuktikan pengaruhnya di wilayah ini.

Sudah sewajarnya, Presiden dua periode itu menitipkan orang-orang terdekatnya untuk melanjutkan berbagai pembangunan yang selama ini sudah sangat dirasakan rakyat Indonesia.

Secara khusus, Jokowi, menitipkan empat amanah untuk Calon Gubernur Jateng Ahmad Luthfi. Keempat amanah tersebut merupakan sektor untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jateng ke depannya.

Pesan khusus itu disampaikan pada Ahmad Luthfi yang maju dikontestasi Pilgub Jateng. Semua pesan presiden yang dititipkan Jokowi berkaitan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah.

“Dua pekan lalu saya bertemu Bapak Presiden Jokowi. Beliau menyampaikan, Pak Luthfi, petani, nelayan, pesantren, anak muda tolong didukung,” kata Ahmad Luthfi mengutip amanah Presiden Jokowi.

Hal itu dikemukakan Mantan Kapolda Jateng itu usai jalan sehat dengan ribuan warga di Kabupaten Sukoharjo, Minggu 15 September 2024.

Pada kesempatan itu, Ahmad Luthfi membeberkan empat sektor yang diamanahkan akan menjadi sektor utama perhatiannya. Perihal petani, dia menyebut banyak yang perlu ditingkatkan. Mulai dari pupuk subsidi hingga kesejahteraan. Apalagi banyak petani di Jateng berstatus gurem karena hanya buruh atau punya lahan namun kecil. 

Demikian juga dengan nelayan. Menurutnya, mesti ada dukungan riil dari pemerintah. Negara wajib hadir untuk memberikan perhatian.

Ketiga adalah soal pondok pesantren yang perannya luar biasa untuk pendidikan serta dukungan untuk anak-anak muda.

Sisi lain, Perwira Tinggi alumni Lemhanas tersebut menyebut jumlah generasi milenial dan generasi Z di Jateng begitu besar. Maka negara wajib membuka peluang bagi mereka dan meningkatkan kompetensi sesuai dengan perkembangan zaman.

Selain itu, Ahmad Luthfi juga menyinggung potensi Jawa Tengah yang begitu besar di bidang ekonomi. Berada di tengah-tengah Pulau Jawa, maka bisa menjadi sentra pertumbuhan industri, investasi hingga kemajuan dibidang lainya. Hal itu didukung oleh sumber daya manusia Jateng yang handal dengan jumlah relatif besar.

“Jateng itu luar biasa. Tapi ada anekdot, Jateng adalah provinsi untuk pulang ke rumah. Jadi hanya tempat mudik saja. Itu tidak benar. Karena potensi Jawa Tengah sedemikian besar,” tandas mantan Kapolda Jateng yang paham seluk beluk kondisi Provinsi dengan 35 kabupaten atau kota se-Jateng.

Terkait kontestasi Pilkada, dia berharap akan menjadi pestanya masyarakat. Artinya, masyarakat harus bersenang-senang dan mengunakan hak pilihnya. Dia berharap, tidak boleh ada saling mencaci maupun menyampaikan pernyataan yang menimbulkan ujaran kebencian yang justru akan memecah belah komponen masyarakat.

Siapapun yang berkontestasi merupakan putra-putra terbaik, sehingga masyarakat diajak untuk aktif menyampaikan proses demokrasi yang santun dan sejuk.(Budi/ Solo)

Berita Terkait