179 Calon Guru Penggerak Ikuti Gelar Panen Hasil Belajar

adilnews | 3 May 2024, 11:11 am | 21 views

Tegal – Kegiatan Gelar Panen Hasil Belajar Program Guru Penggerak Angkatan 9 digulirkan selama dua hari berturut-turut di Pendopo Amangkurat, Slawi, kabupaten Tegal pada Kamis (25/04/2024). Kegiatan tersebut diikuti oleh 179 calon guru penggerak dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA.

Melalui sambutannya, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tegal Suspriyanti menyatakan Pemerintah Kabupaten Tegal mendukung tiga program unggulan Kemendikbudristek, yaitu Program Pendidikan Guru Penggerak, Program Pendidikan Sekolah Penggerak, dan Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Kabupaten Tegal dalam Program Pendidikan Guru Penggerak telah meluluskan 304 orang guru penggerak angkatan 4, 7, dan 8. Untuk guru penggerak angkatan 9 ini ada 173 orang dengan pengajar praktik sejumlah 33 orang,” terangnya.

Pihaknya berharap setiap calon guru penggerak harus lulus mengikuti program pendidikan guru penggerak. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan guru penggerak yang dapat mengembangkan diri dan menggerakkan guru lainnya melalui metode refleksi, berbagi, dan berkolaborasi secara mandiri, serta memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual serta berprilaku sesuai dengan kode etik profesinya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Guru Pengerak Provinsi Jawa Tengah Darmaji menyampaiakan tugas utama pihaknya adalah melayani pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia pendidikan.

Menurutnya ada tiga program prioritas yang diamanatkan dan sedang dijalankan saat ini, yaitu Pendidikan Guru Penggerak, Sekolah Penggerak dan Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Tugas utama kami di balai besar adalah melayani pengembangan dan pemberdayaan SDM pendidikan, yaitu pendidikan guru penggerak, sekolah penggerak dan implementasi Kurikulum Merdeka. Dan yang kita saksikan hari ini adalah lokakarya terakhir bagi calon guru penggerak angkatan 9,” ungkapnya.

Darmadi pun menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme peserta angkatan 9 yang dipandang luar biasa. Semua itu tidak lepas dari dukungan kepala daerah dan jajaran Dinas Dikbud Kabupaten Tegal serta semua pihak terkait.

“Kami sampaikan apresiasi yang tinggi pada angkatan 9 yang luar biasa ini. Dan yang luar biasanya lagi karena adanya dukungan bupati, kepala dinas Dikbud dan semua pihak terkait lainnya,” ucap Darmadi.

Sementara itu, ditemui di sela-sela acara, Wakil Ketua Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Tegal Taesar Afandi menyatakan pameran panen hasil belajar program guru penggerak angkatan 9 kali ini merupakan hasil karya calon guru pengerak di tiga modul yang ada. (HB/Red)

“Kegiatan inti juga diisi tari cucuk lampah dan balo-balo, paduan suara mars Guru Pengerak dan lagu Tegalan Galawi, serta penampilan sembilan dalang dengan lakon punakawan dan pandawa lima,” pungkasnya.

Berita Terkait