Skybridge Culture Night Festival, Padukan Transformasi KAI dan Seni Budaya

adilnews | 6 September 2024, 01:27 am | 26 views

BANYUMAS, ADILNEWS.COM – Acara menarik bakal digelar PT KAI Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah. Kegiatan ini berupa event Skybridge Culture Night Festival “The Art of Transformation” di Stasiun Purwokerto pada Minggu, 8 September 2024 pukul 19.00 WIB. Kegiatan yang akan menyuguhkan teknologi video mapping dan art performance ini dapat dinikmati oleh penumpang KA maupun masyarakat umum di halaman parkir Stasiun Purwokerto.

Kegiatan ini untuk menyambut HUT ke-79 Kereta Api Indonesia yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 28 September. KAI Daop 5 Purwokerto telah mempersiapkan serangkaian acara menarik.

Sebelumnya, dua event telah terlaksana pada akhir Agustus lalu yakni Bakti Sosial Rail Clinic (Kereta Kesehatan) di Stasiun Karangsari pada Rabu, 28 Agustus 2024 dan gelaran Skybridge Fashion Walk pada Kamis, 29 Agustus – Rabu, 4 September 2024 di Stasiun Purwokerto.

Kegiatan ketiga ini juga dalam rangkaian menyambut HUT ke-79 Kereta Api Indonesia di Daop 5 Purwokerto.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih dalam keterangannya, Kamis (5/9) menjelaskan Skybridge Culture Night Festival “The Art of Transformation” berawal dari semangat KAI Daop 5 Purwokerto untuk memberikan experience perjalanan yang berkesan, unik dan fresh sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan yang sudah 79 tahun mengiringi KAI dalam berkarya dan bertransformasi bagi negeri.

” Sederetan tranformasi yang sudah hadir di Daop 5 Purwokerto tersebut akan disuguhkan dalam sebuah pagelaran video mapping yang dipadukan dengan seni budaya Banyumas sebagai bentuk dukungan Daop 5 Purwokerto kepada kearifan lokal daerah dimana kami melayani,” ujar Feni.

Ditambahkan, tajuk acara ini mengusung Skybridge karena fasilitas skybridge di Stasiun Purwokerto menjadi salah satu ikon tranformasi dan modernisasi pelayanan KA di Daop 5 Purwokerto. KAI Daop 5 Purwokerto juga memiliki komitmen untuk memberikan nilai manfaat dan experience lebih kepada para pelanggannya serta turut memajukan kearifan lokal dan para penggiat seni daerah.

Pada pelaksanaan Skybridge Culture Night Festival “The Art of Transformation” nantinya, Daop 5 Purwokerto berkolaborasi dengan para desainer grafis muda dari DKV IT Telkom Purwokerto sebagai creator visual dan motion dalam karya video mapping yang akan menjadi salah satu segmen pada pertunjukan nanti. Daop 5 Purwokerto juga berkolaborasi dengan para seniman lokal yang akan menyuguhkan berbagai pertunjukan menarik bagi para pelanggan kereta api. Selain video mapping, akan ada tarian lengger, musikalisasi puisi, live painting, seni kontemporer, dan pertunjukan musik.

“Kolaborasi ini juga diharapkan dapat memberikan wadah dan dukungan bagi para creator-creator muda dan para seniman daerah untuk terus menghasilkan karya yang bisa menginspirasi munculnya ruang kreasi bagi para penggiat seni dan sekaligus media edukasi maupun promosi seni budaya Banyumas kepada generasi muda sebagai penerus nantinya,” pungkas Feni.

Kegiatan Skybridge Culture Night Festival “The Art of Transformation” ini akan berlokasi di sekitar area parkir sisi timur Stasiun Purwokerto. KAI Daop 5 Purwokerto mengajak para pelanggan KA untuk bersama-sama menyaksikan dan ikut menyemarakkan Skybridge Culture Night Festival “The Art of Transformation”. (Nanang – Banyumas).

Berita Terkait