Aksi Ultraman Jelang Pelantikan Anggota DPR/ MPR RI

adilnews | 1 October 2024, 05:28 am | 97 views

JAKARTA, WWW.ADIILNEWS.COM- Ada-ada saja ulah calon anggota DPR RI terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah II Jamaludin Malik. Sebelum pelantikan resmi sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029, tampil mengenakan kostum tokoh serial televisi asal Jepang, Ultraman di pelataran parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (01/10/2024).

Jamaludin Malik mengaku sengaja menggunakan kostum Ultraman itu karena sudah menjadi ciri khasnya yang telah dibangun selama masa kampanye Pemilu lalu. Dengan kostum.uniknya itu dia dapat meraup suara sebanyak 250 ribu di dapilnya–Jepara.

“Ultraman itu kan membasmi kejahatan,” kata anggota dewan terpilih dari Partai Golkar ini saat ditanya oleh para wartawan.

“Barangkali Pak anggota dewan ini bercita-cita ingin memberantas kejahatan. Kan sarangnya salah satunya di Senayan,” tutur seorang wartawan senior yang melihat ulah Jamaludin sambil tertawa.

Tentu saja, keunikan kostum yang dikenakan Jamaludin Malik sempat menyita perhatian orang-orang yang hadir di Senayan sebelum pelantikan. Is berjalan sambil mengenakan kostum itu didampingi oleh para timnya.

Beberapa orang pun sempat meminta foto bersama Jamaludin yang menggunakan kostum Ultraman yang memiliki warna silver, merah, dan biru.

Walaupun demikian, dia mengaku mengenakan kostum itu hanya sesaat sebelum acara pelantikan mulai.

Setelah memasuki ruangan pelantikan, dia langsung menggunakan kembali baju formal, stelan jas lengkap dengan dasinya.

Sebanyak 580 calon anggota DPR RI terpilih dan 152 calon anggota DPD RI berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang hasil Pemilu Legislatif 2024 periode 2024—2029 dilantik pada hari Selasa ini di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Calon anggota DPR terpilih yang dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan periode sebelumnya.

Adapun partai politik yang lolos yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

Sebelumnya Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin mengumumkan anggota tertua dan termuda DPR, DPD, dan MPR periode 2024—2029. Hal itu disampaikan Afifuddin dalam agenda Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR/DPD/MPR RI Periode 2024—2029 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa.

“Saya selaku Ketua KPU RI bersama ini akan membacakan daftar nama tertua dan termuda anggota DPR RI DPD RI dan MPR RI periode 2024—2029,” kata Afifuddin. Ia lantas membacakan anggota tertua DPR RI, yakni Zulfikar Achmad dari Partai Demokrat, sedangkan anggota termuda Annisa MA Mahesa dari Partai Gerindra. (Risma/ Jakarta)

Berita Terkait