Kabupaten Tegal Menuju Smart City

adilnews | 10 September 2024, 05:06 am | 25 views

SLAWI, ADILNEWS.COM -Dalam upaya mendorong Kabupaten Tegal menjadi salah satu Kota Smart City di Indonesia, Dinas Kominfo mengadakan BimbinganTeknis Internet Cerdas Kreativ dan Produkitif (INCAKAP) bagi sekitar 50 orang Pemuda Karang Taruna Kabupaten Tegal. Bertempat di Gedung PMI Kabupaten Tegal Jl. Gajah Mada Slawi, Senen (9/9/2024).
Mengutip pernyataan Presiden RI Ir. Joko Widodo tentang Smart City, Dra. Nurhayati, MM Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal dalam sambutannya menyatakan bahwa

“Kota Pintar adalah kota yang memberikan kenyamanan sempurna untuk warganya, yang kemudian dibantu oleh perangkat digital untuk meningkatkan kenyamanan warganya”

Seiring dengan pernyataan tersebut Dinas Kominfo Kabupaten Tegal mendorong pelaku UMKM untuk bisa masuk ke era digitalisasi dengan pola pendampingan transformasi digital menggunakan format e-dagang sebagai platform sebagai wadah berjualan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Tegal.

Sebagai Implementasinya berbagai upaya dilakukan seperti pembangunan aplikasi Dolan (Dodolan Online), Pelatihan dan Pendampingan UMKM di bidang digitalisasi, Expo, Ekshibisi, Pameran Bazar, Dukungan Optimaslisasi UMKM Bangkit dengan menyediakan Co Working Trasa sebagai etalase produk UMKM Kabupaten Tegal, ujarnya.

Untuk mempercepat pertumbuhan sector UMKM, sejak tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Tegal telah melakukan Inkubasi Bisnis bagi sekitar 25 pelaku usaha kecil setelah melalui seleksi yang ketat. Dengan proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan kepada bagi pelaku usaha tersebut, maka muncullah para pelaku UMKM yang produknya mulai merambah dunia Digitalisasi seperti Ma’Omet, Simboke, Tiga Putra, Dapoer Buki, Tempe Bu Siti dll.

Edi Sulistyanto Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal menyatakan Bimtek INCAKAP (Internet Cerdas Kreativ dan Produktiv) yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Tegal sangat membantu anggotanya yang memang sebagai besar bergerak di bidang wirausaha seperti pedagang, konten creator, penghasil produk olahan.

Pengenalan dan pendampingan dalam memperkenalkan produknya melalui aplikasi online tentu akan mempermudah dalam meningkatkan volume penjualannya serta dapat memperluas pangsa pasar yang ada, ujar Edi.

Edi juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Tegal dalam hal ini Dinas Kominfo yang telah memfasilitasi teman- teman untuk meng-upgrade pengetahuannya melalui Bimtek ini, pungkas Edi. (Hb/ Tegal)

Berita Terkait