Ormas Garda Patih Banten Dukung Pasangan Airin-Ade

adilnews | 26 August 2024, 11:45 am | 279 views

SERANG, ADILNEWS.COM- Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Garuda Pengawal Merah Putih (Garda Patih) Banten siap mendukung pencalonan  pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi yang baru saja diumumkan oleh DPP PDI Perjuangan pada Senin, 26 Agustus 2024 ini. Dukungan mereka berikan mengingat demokrasi harus ditegakan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 ini. Perlawanan juga harus dilakukan atas dominasi koalisi besar yang terdiri dari sejumlah partai seperti Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, NasDem, PKB, PKS, PPP, dan PSI dalam Pilkada Banten dan propinsi/ daerah lainnya di Indonesia.

“Kami mendukung pasangan Airin-Ade untuk melawan keangkuhan koalisi besar yang disebut Koalisi Banten Maju yang mengusung pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten 2024. Sikap kami merupakan bagian dari upaya menyelamatkan demokrasi yang saat ini sedang diobrak-abrik oleh kekuasaan,” tandas Rismawati, Ketua DPP Garda Patih Banten di Kota Serang, Senin, 26 Agustus 2024.

(Keterangan: Rismawati, Ketua DPP Garda Patih Banten)

Untuk itu, DPP Garda Patih Banten akan menginstruksikan kepada para pengurus di kabupaten/kota turun ke bawah guna menggalang dukungan demi kemenangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dalam Pemilihan Gubernur Banten tahun 2024. Mereka yakin pasangan Airin-Ade akan memenangkan pertarungan Pilgub nanti pada tanggal 27 November. Karena rakyat, lanjutnya, sudah muak dengan kesombongan kekuasaan, yang ingin menghancurkan demokrasi yang sudah susah-susah dibangun oleh para pendiri bangsa kita serta para tokoh dan gerakan reformasi pada tahun 1998 lalu.

Garda Patih merupakan organisasi masyarakat yang dibentuk di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 26 Mei 2018. Kini, ormas ini sudah melebarkan sayapnya di lima provinsi yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Utara, dan Maluku. Pada 10 Oktober 2023, Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Garda Patih, Denny Maulana melantik kepengurusan DPP Banten yang diketuai oleh Rismawati.

Dengan gerak cepat, Rismawati yang juga pernah menjadi Sekjen Relawan Bersatu Ganjar Pranowo Banten (Ratu Ganjen) telah membentuk kepengurusan Dewan Pimpinan Kabupaten/ Kota di kota Tangerang Selatan, Tangerang, Serang dan Cilegon, serta kabupaten Tangerang, Serang, Lebak dan Pandeglang. Konsolidasi Banten dilakukan seiiring dengan penggalangan dukungan kepada Airin-Ade dalam Pilkada Banten.

Seperti diberitakan, PDI Perjuangan telah resmi memberikan dukungan kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Banten 2024. Pengumuman itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024.

Menurut Hasto, Banten saat ini sudah bergelora lantaran pada Minggu (26/8) kemarin, rakyat sudah mengukuhkan kedua pasangan ini untuk maju dalam Pilkada Banten 2024. “Meskipun ada hambatan kiri-kanan, tapi harus punya semangat juang kata Ibu Mega,” jelas Hasto.

Sebelumnya, dukungan kepada pasangan Airin-Ade itu diberikan melalui penyerahan formulir rekomendasi B1 Parpol KWK dalam acara Deklarasi Banten Maju Bersama di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Minggu, 25 Agustus 2024.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan PDIP mendukung Airin pada Pilkada Banten secara mandiri karena melihat tidak ada dukungan dari Partai Golkar. “Sampai akhirnya kami mendengar dari beberapa sumber teman-teman di DPP Golkar yang nada-nadanya kami menangkap kesan untuk mengambil skema politik yang lain di Provinsi Banten. Akhirnya kami sempat berpikir ulang, apakah PDIP harus menerima nasib seperti di DKI Jakarta, ditinggalkan, tidak punya mitra politik,” ungkap Basarah.

Sementara itu, bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany menyampaikan terimakasihnya atas pemberian dukungan dari PDIP untuk maju dalam kontestasi Pilkada Banten. Airin berharap adanya dukungan dari PDIP ini menjadi jalan terbaik untuk mengikuti Pilkada Banten.

Sebagai informasi, PDIP telah mengumumkan 305 bakal calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada 2024 saat pengumuman gelombang pertama tanggal 14 Agustus. Kemudian, mengumumkan 169 bakal calon kepala daerah dari PDIP pada gelombang kedua tanggal 22 Agustus. Adapun saat ini PDIP kembali mengumumkan 60 bakal calon kepala daerah pada gelombang ketiga yang dilakukan di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8). (Fadjar/ Tangsel)

Berita Terkait