Penyelarasan Visi Masterplan Pengelolaan Sampah

adilnews | 9 August 2024, 02:34 am | 72 views

SLAWI- Babak baru dalam penyusunan Masterplan Pengelolaan Sampah Kabupaten Tegal sudah mencapai Tahap Penyelarasan Visi. Hal ini dijelaskan oleh Sekjen InSWA (Indonesia Solid waste Association) M.S. Oktamalandi di sela- sela kegiatan Stakeholder meeting di Syailendra Hall Grand Dian Hotel, Tegal, Kamis (8/8/2024).

Penyelarasan Visi ini sangatlah penting untuk menentukan arah pengelolaan sampah di Kabupaten Tegal bagi semua pemangku kepentingan dalam menentukan berbagai kebijakan untuk jangka waktu 20 tahun ke depan. Maka siapapun pemimpin yang terpilih akan mengemban amanah ini sebagai bagian dari tanggungjawabnya kepada masyarakat.

Lebih lanjut Oktamalandi menjelaskan partisipasi semua pihak baik pemerintah maupun berbagai elemen masyarakat dalam penyelarasan visi akan kita gali melalui Metode Inquiry. Metode ini menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk dapat menentukan Visi Kabupaten Tegal dalam pengelolaan sampah.

Dalam kegiatan tersebut setiap peserta diminta untuk dapat melihat berbagai potensi yang dimiliki serta inovasi apa yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi.

Sebagai wujud dari komitmen dari masing- masing peserta maka setiap orang diminta untuk dapat melakukan satu kegiatan yang menginspirasi dalam upaya penuntasan pengelolaan sampah untuk dijadikan the best practice. Komitmen ini akan kita evaluasi di bulan Desember 2024. Untuk melihat seberapa besar dampak yang dihasilkannya. Dan akan kita rangkum menjadi satu buku yang dapat menginspirasi semua orang.

Setelah melalui berbagai tahapan maka kegiatan penyelarasan visi menghasillan komitmen bersama yaitu ” Kabupaten Tegal Bersih, Nyaman, Berbudaya, Menakjubkan “. Kata Menakjubkan ini juga mempunyai akronim ” Menjadi Tangguh, Kompetitif, Maju dan Berkelanjutan.

Akhirnya kegiatan stakeholder meeting kedua ini dapat menghasilkan visi pengelolaan sampah di Kabupaten Tegal yang benar- benar lahir dari pemikiran dan mimpi semua orang.

Muchtar Mawardi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal yang selalu setia mendampingi seluruh peserta dalam kegiatan ini dalam sambutan penutupnya di akhir acara menyampaikan rasa bersyukur atas partisipasi semua pihak baik OPD, tokoh agama, budayawan, aktivis lingkungan, aktivis pendidikan, aktivis pemuda, pengusaha dan seluruh elemen masyarakat.

Ini merupakan gambaran semangat seluruh masyarakat Kabupaten Tegal, mari kawal setiap tahapan prosesnya sehingga kita dapat mewujudkan Kabupaten Tegal Bersih, Nyaman, Berbudaya, Menakjubkan”, pungkasnya. (HB/red)

Berita Terkait