Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Pendidik PAUD

adilnews | 14 July 2024, 02:54 am | 237 views

SLAWI- Penerapan Kurikulum Merdeka terus digencarkan oleh berbagai pihak termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal yang baru – baru melaksanakan Bimbingan Teknis IKM untuk pendidik PAUD yang berlangsung dari tanggal 8 – 10 Juli 2024 di Gedung PMI Kabupaten Tegal. .

Umi Faizah, SE Kepala Bidang Pembnaan PAUD Dikmas Dinas Dikbud Kabupaten Tegal  saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum.Merdeka bertujuan untuk meningkaktan pemahaman pendidik dan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan khususnya PAUD.

Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap dimana tahap pertama baru sekitar 170 orang pendidik yang mengikuti pelatihan. Diharapkan pada Tahun Anggaran 2025 semua pendidik PAUD dapat mengikuti kegiatan serupa, ujar Umi.

Dari masing- masing peserta yang ikut pelatihan Bimtek IKM ini akan terjadi transfer ilmu yang didapat kepada teman- teman di lingkungan satuan pendidik melalui kelompok PKG dan Gugus PAUD di lingkungan masing- masing.

Sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 12 tahun 2024 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka yang lebih menekankan pada orientasi Pengembangan Karakter dan Kompetensi  melalui penyederhanan konten dan pemberian fleksibilitas untuk merancang kurikulum operasional.  Perlu diketahui struktur Kurikulum Merdeka didasari pada tiga hal yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel dan karakter pelajar Pancasila.

Sedangkan untuk pendidikan PAUD implentasinya lebih ditekankan pada proses Merdeka Bermain yang disesuaikan dengan muatan kurikulum dan standar penilaian perkembangan anak. Tujuan akhir dari penerapan Kurikulum Merdeka merupakan proses panjang dalam upaya menyiapkan generasi muda dalam Indonesia Emas tahun 2045 nanti, pungkasnya. (Hb/ red )

Berita Terkait