Sinergitas Nusantara United dan Balestier Khalsa, Kembangkan Sepak Bola ke Kancah Dunia

adilnews | 14 June 2024, 05:30 am | 94 views

SOLO- Sebagai bagian dari rencana jangka panjang sekaligus komitmen untuk mengembangkan ekosistem sepakbola di Asia Tenggara, Nusantara United FC dan klub Liga Primer Singapura Balestier Khalsa FC resmi mengumumkan kemitraan global pada Jumat, 14 Juni 2024.

Balestier Khalsa tercatat sebagai klub sepak bola profesional tertua keempat di Asia dan yang tertua di Asia Tenggara. Klub yang didirikan sejak 1898 ini telah memenangkan masing-masing trofi mayor, yakni: Piala Singapura, Piala Liga Singapura, dan Piala FA Singapura.

“Kami dengan antusias mengumumkan afiliasi internasional pertama kami dengan Balestier Khalsa FC, klub yang memiliki sejarah panjang dan semangat yang sama untuk mengembangkan sepak bola dalam industri olahraga,” jelas Gamma Thohir selaku Komisaris Utama Nusantara United FC.

“Kami yakin kolaborasi ini akan menjadi langkah positif yang memungkinkan kami sebagai entitas yang sedang tumbuh dapat bertukar ide dan pengetahuan mengenai pengembangan tim dan kepelatihan antara kedua klub,” tambahnya.

“Selain itu, para pemain muda kami juga akan mendapatkan keuntungan dari jumlah menit bermain dalam liga yang kompetitif dengan visi masa depan yang kuat dan identitas yang jelas di lapangan,” urai Gamma.

Sebelumnya, NUFC telah resmi meminjamkan gelandang muda lulusan akademi klub Reycredo Beremanda Bukit untuk membela BKFC pada Liga Primer Singapura musim 2024/25.

“Kerja sama strategis ini memastikan bahwa kami dapat terus mengembangkan pemain muda terbaik kami. Sumber daya pemain muda yang melimpah dan dengan tempaan yang maksimal akan menjadi kunci sukses kami di masa depan,” ungkap Pelatih Kepala Nusantara United, Salahuddin.

Nusantara United dan Balestier Khalsa menyepakati tiga poin penting yang meliputi pengembangan klub. Poin pertama yaitu sinergitas dalam program pengembangan sepak bola usia muda. Poin kedua dari aspek komersial dengan perluasan jaringan pemasaran dan peningkatan profit klub. Kemudian poin ketiga yakni peningkatan kualitas klub secara menyeluruh pada aspek teknis.

“Ini akan menjadi kesempatan besar bagi kedua klub untuk berbagi filosofi kepelatihan seputar pengembangan pemain muda dan semoga hubungan kita terus tumbuh menuju tujuan bersama untuk mengembangkan pesepakbola muda yang respek terhadap tim, pekerja keras, berbakat, dan berperilaku baik,” jelas Darwin Jalil selaku Vice-Chairman Balestier Khalsa FC.

Kolaborasi Nusantara United dan Balestier Khalsa juga menjadi kerja sama resmi pertama antarklub sepak bola profesional asal Indonesia dengan Singapura.

“Para pemain muda membutuhkan pengembangan dari waktu ke waktu, mereka perlu pengalaman dan bimbingan di sekitar mereka. Tuntutan di sepak bola era modern semakin tinggi bagi para pemain dan mereka tentu harus siap menghadapi momen-momen tersulit,” tutur Peter de Roo, Pelatih Kepala BKFC.

Berita Terkait